-->

9 Manfaat Bermain Game Pada Perkembangan Anak

9 Manfaat Bermain Game Pada Perkembangan Anak - Hallo sahabat Andronesi4n, Artikel yang berjudul 9 Manfaat Bermain Game Pada Perkembangan Anak ini telah kami persiapkan dengan baik untuk kamu baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Info, yang kami tulis ini dapat kamu pahami. baiklah, Salam Gamers !!.

9 Manfaat Bermain Game Pada Perkembangan Anak

Pro dan Kotra dari video game terhadap perkembangan anak memang tidak pernah ada habisnya. Pasalnya,para orang tua hanya melihat video game dari sisi negatifnya.

Hal diatas memang lah benar,beberapa game mengandung tindak kekerasan dan perkataan yang buruk yang akan berimbas pada otak anak.

Manfaat-bermain-game-online-bagi-anak

Namun, jika kita melihat dengan pikiran yang terbuka,tidak semua game mengandung/mengajarkan kekerasan.Ada beberapa video game yang mengajarkan tentang edukasi,bahasa asing,strategi dan sebagainya.

Oleh karena itu,tugas kita sebagai orang tua adalah memberikan waktu bermain dengan belajar agar berjalan seimbang.

Lalu,apa saja manfaat dari bermain video game terhadap perkembangan anak? Yuk simak baik-baik.

1.Melatih berbahasa Inggris

Kenapa video game dapat melatih berbahasa inggris?karena banyak video game dari smartphone,console dan Pc menggunakan Bahasa inggris.Jadi,saat anak bermain game,secara otomatis anak akan mempelajari bahasa inggris secara natural dan menyenangkan(menurut mereka).Tidak perlu untuk menekankan mereka untuk belajar bahasa inggris karena cara tersebut tidak efektif.

2.Belajar Menghitung

Dalam game,pasti anak-anak akan belajar untuk menghitung.Karena,dalam permainan video game pasti ada aktivitas berbelanja,mengatur keuangan hingga mengelola sebuah restoran untuk menuju level berikutnya atau pun untuk menyelesaikan game.

3.Mengajarkan Ketekunan

ketika bermain sebuah game baru,pasti kalian pernah mengalami kegagalan bukan?Hal itu lumrah terjadi pada setiap anak dan kita merasa tertantang untuk mencobanya lagi,lagi dan lagi.

Game mengajarkan anak-anak untuk berusaha kembali.Ini akan sangat bermanfaat ketika anak-anak sudah dewasa.Ia akan bersifat positif untuk mencoba kembali usaha ia yang gagal dan mendedikasikan tanpa kehilangan kekyakinan dan harapannya.

4.Memiliki Banyak teman baru

Jarinagn pertemanan mereka bisa meluar ketika mereka memainkan game Online dan mereka dapat terhubung secara global.

Apalagi saat ini ada perkumpulan/grup-grup pada game tertentu.Yang biasa disebut dengan Clan atau guide.Dan,mulai banyak game online yang mengadakan turnamen pada game-game tersebut yang mengharuskan mereka untuk berinteraksi dengan pemain/orang lain.

5.Mengajarkan ilmu pengetahuan

Sekarang,mulai banyak video game yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar.Ada banyak permainan yang dapat membantu mengajarkan Mtk,Ipa/Sains,Sosial,Fisika,Kimia dan mata pelajaran lainnya.Banyak survei yang membuktikan bahwa anak-anak lebih menyukai belajar melalui game ketimbang aktivitas belajar pada umumnya.

6.Memperbaiki Mood Anak

Anak-anak biasanya suka jenuh saat mereka belajar.Jika mood anak sedang memburuk,jangan untuk menekankan anak untuk belajar.Karena itu akan bertambah buruk.

Oleh karena itu,Game adalah saran yang paling tepat untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan ketika belajar.Dan juga dapat berperan mengatur ulang pikiran mereka sehingga suasana hati mereka cenderung bahagia dan senang.

7.Mengajarkan Kerja sama Team

Ada banyak video game yang harus melibatkan banyak pemain(Multi Player)Yang mengharuskan pemain agar bekerjasama dengan baik untuk memenangkan permainan tersebut atau mencapai tujuan tertentu.

8.Logika anak akan terbentuk

Mengapa demikian?karena dalam video game,kita diharuskan untuk mengikuti alur cerita(Story mode)Untuk bisa memainkan game tersebut.Disini,logika anak akan diuji atau digunakan untuk memecahkan masalah pada tahap-tahap tertentu.Karena,disetiap game ada masalah atau ujian tertentu untuk memperbaiki sesuatu ataupun mengupgradenya agar dapat lanjut ke stage berikutnya.

9.Mempererat Hubungan Keluarga

Anak anak biasanya akan gembira jikalau orangtuanya dapat bermain game bersama.Selain dapat mempererat hubungan keluarga,orang tua juga dapat mengawasi jenis game yang dimainkan anak-anak.Agar anak tidak terjerumus ke sesuatu yang negatif.


Demikianlah Artikel 9 Manfaat Bermain Game Pada Perkembangan Anak

Sekianlah artikel 9 Manfaat Bermain Game Pada Perkembangan Anak kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 9 Manfaat Bermain Game Pada Perkembangan Anak dengan alamat link https://andronesi4n.blogspot.com/2016/12/manfaat-bermain-game.html

0 Response to "9 Manfaat Bermain Game Pada Perkembangan Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel